Selasa, 01 Maret 2016

Tari Topeng dari Betawi

Tari Topeng dari Betawi
  • Tari Topeng dari Betawi
Tari Gegot merupakan Tari Topeng Betawi yang biasa dibawakan anak-anak.
Kidnesia.com  - Tari Topeng Betawi . Siapa tak kenal tarian ini? Mungkin kamu pernah melihat atau bahkan menarikannya. Tetapi, tahukah kamu bahwa tarian ini adalah bagian dari pertunjukan teater tradisional?
Tari Topeng Betawi  adalah tarian tradisional khas masyarakat Betawi. Gerakannya lincah dan riang. Biasanya, tarian ini diiringi musik gambang kromong dan penarinya menggunakan topeng kayu.
Pada zaman dulu, Tari Topeng Betawi merupakan bagian dari pertunjukan Topeng Betawi.
Topeng Betawi  adalah pertunjukan gabungan antara seni drama, tarian, dan nyanyian. Mirip seperti pertunjukan teater. Pertunjukan ini dulu sering dipertunjukkan secara keliling. Terutama, bila ada acara yang dianggap cukup penting. Misalnya, acara khitanan atau pernikahan. Grup Topeng Betawi  biasanya ditanggap atau disewa untuk memeriahkan acara tersebut. 
Tari Topeng Betawi 9ini pun sudah jadi sebuah pertunjukan tersendiri. Sehingga, tarian ini masih sering dipentaskan. Beraneka ragam Tari Topeng Betawi yang dikenal, antara lain: Tari Lipet Gandes, Tari Topeng Tunggal, Tari Enjot-enjotan, Tari Gegot, Tari Topeng Cantik, Tari Topeng Putri, Tari Topeng
coba2coba 3
Inilah topeng yang digunakan dalam Tari Topeng Betawi.
Ekspresi, dan Tari Kang Aji.
Ternyata, menari tarian ini enggak mudah, lo! Penarinya harus memiliki tiga syarat. Pertama, si penari harus gandes. Gandes artinya luwes atau gemulai. Yang kedua, si penari harus ajar, artinya ceria atau riang. Jadi, si penari tidak boleh kelihatan murung atau sedih. Dan yang ketiga, penari harus menari dengan lincah tanpa beban.
Istimewanya lagi, tarian ini dibawakan dengan menggunakan topeng kayu. Agar topeng itu menempel di wajah penari, penari harus menggigit bagian belakang topeng.
Yuk, ikut menari Tari Topeng Betawi ! Hati jadi riang, badan jadi sehat, dan tradisi khas Betawi jadi lestari.


sumber : http://www.kidnesia.com/Kidnesia2014/Indonesiaku/Teropong-Daerah/DKI-Jakarta/Seni-Budaya/Tari-Topeng-dari-Betawi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar